Minggu, 12 Desember 2010

Instrumen, Alat Musik Lagu Melayu


Alat Musik Melayu Gambus
SEDIKIT pengetahuan, lagu Pop Melayu dengan lagu Melayu tradisional sedikit agak berbeda. Selain irama dan penggunaan lirik, hal yang paling kontras terlihat adalah instrumen, alat musik yang digunakan lagu melayu.

Pop Melayu modern yang dibawakan band-band kawakan tanah air saat ini menggunakan alat musik yang modern seperti drum, gitar listrik, keyboard dan lain-lain. Namun lagu Melayu menggunakan instrumen, alat musik tradisional tersendiri pula.
Alat musik, instrumen menjadi pengiring lagu Melayu tradisional di antaranya adalah Gambus Selodang dan Marwas.

Gambus zapin Melayu ini adalah instrumen, alat musik menyerupai ud (oud) di Timur Tengah berbentuk seludang kelapa yang dibuat dari batang nangka. Pada tengah-tengah resonator-nya ditutup dengan kulit sapi, kerbau atau kulit kambing yang sudah diraut tipis. Sementara itu Marwas, atau disebut juga dengan meruas, merwas, adalah alat-musik jenis gendang yang sangat berfungsi dan berarti sebagai pengatur tempo atau rentak.

Alat-Musik-Melayu-MarwasDilihat dari instrumen musik yang digunakan maka jelaslah membuat kedua aliran musik ini berbeda. Lagu Melayu tradisional lembut mendayu-dayu hampir menyerupai dangdut.

Sementara Pop Melayu modern yang lebih dekat kepada Pop alternatif cenderung keras namun masih menyisakan melodi dan dayuan di setiap liriknya, dan yang penting “cekokan” Pop Melayu sangat berbeda dengan Pop alternatif. So, bisa membedakan bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com